Onde - Onde





Onde-onde adalah sebuah makanan (kue) yang terbuat dari tepung dan berbentuk bulat seperti bola yang di dalamnya berisi kacang hijau serta bagian luarnya ditaburi biji wijen, Sehingga membuat onde-onde ini terasa gurih, enak dan nikmat bagi para penikmatnya. Jadi tidak heran jika onde-onde ini sangat disukai oleh semua kalangan, dari yang mudah hingga yang tua dan juga onde-onde ini sangat terkenal disetiap daerah khususnya jawa timur.

Lebih tepatnya lagi onde-onde sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.


Onde-onde ini gampang sekali dijumpai di toko-toko atau warung-warung penjual kue, harganya pun relatif murah sehingga  membuat Onde-onde menjadi salah satu favorit jajanan bagi masyarkat Indonesia. Mulai dari yang ukurang mini atau variasi onde-onde dengan isi coklat, ketan hitam atau isi lainnya gampang kita jumpai di sekitar kita. Resep onde-onde kacang hijau ini memang tidak terlalu sulit, yaitu ;


Bahan utama Onde-onde Isi kacang Hijau
  1. 40 gram Tepung Beras yang baik dan berkualitas.
  2. 250 gram Tepung Ketan.
  3. Bubuk Vanila secukupnya atau sekitar 1/4 sendok teh.
  4. Setengah sendok teh garam dapur beryodium.
  5. 200 ml Santan kental
  6. 135 gram Gula Pasir.
  7. Air matang secukupnya.
  8. Wijen untuk lapisan kulit.
Bahan untuk isi Onde-onde
  1. 130 gram Kacang Hijau yang sudah dibersihkan kulitnya.
  2. 1/4 sendok teh garam dapur.
  3. 50 gram Gula Pasir. 
  4. Vanila bubuk secukupnya atau kurang lebih 1/8 sendok teh.

0 Response to "Onde - Onde"

Post a Comment